Panduan Hidup Sehat Sepanjang Tahun Untuk Warga Usia Lanjut (Wulan)

panduan-hidup-sehap-wulan-bahagia
 

Namo Buddhaya. Salam bahagia untuk semua Wulan.

Sejak usia dini, kita diajarkan untuk selalu menjaga kesehatan. Namun seiring waktu, tubuh manusia memasuki fase dimana mudah terkena penyakit kronis dan terinfeksi penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi berlanjut. Wulan menjadi rentan terhadap penyakit seperti hipertensi, stroke, batu ginjal, diabetes melitus, jantung koroner dan kanker. Oleh karena itu, Wulan perlu menjalankan pola hidup sehat setiap hari untuk memperkuat kekebalan tubuh. Berikut adalah 7 tips untuk hidup sehat sepanjang tahun.

1.       Hidup aktif

Semakin banyak bergerak, semakin kuat badan kita. Olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan mental dan menunda proses penuaan. Wulan dianjurkan untuk melakukan olahraga kardio dan olahraga memperkuat otot dengan intensitas ringan sampai moderat selama 75-150 menit per minggu. Wulan dapat melakukan aktifitas seperti bersepeda, jalan kaki, aerobik, dansa, berenang, Tai Chi dan Yoga. Konsultasikan dahulu dengan Ahli Medis dan modifikasi olahraga sesuai kebutuhan anda.

2.       Istirahat baik

Saat kita tidur, tubuh kita memperbaiki dirinya sendiri. Tidur juga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi untuk Wulan. Rekomendasi jam tidur untuk Wulan adalah antara 7.5 dan 9 jam tiap malam. Jika anda mempunyai kesulitan tidur (insomnia), konsultasi dengan dokter anda supaya bisa dicari tahu penyebabnya.

3.       Makan sehat + suplemen seperlunya

Pola makan yang baik untuk Wulan termasuk:

a.       Buah-buahan dan sayuran untuk memperkuat kekebalan tubuh sebagai sumber vitamin dan antioksidan.

b.       Daging tanpa lemak

c.       Suplemen seperti kalsium, vitamin D, vitamin B6 dan vitamin B12 yang dapat mendukung sistem imun tubuh. Sebelum mengkonsumsi suplemen, konsultasi dengan Ahli Medis terlebih dahulu.

d.       Kurangi gula, minuman beralkohol dan makanan berlemak karena bisa menyebabkan inflamasi dan menurunkan sistem imun tubuh.

4.       Jaga kebersihan

Virus dapat bertahan hidup selama 24 jam di atas permukaan. Kita bisa menjadi sakit apabila kita menyentuh wajah dengan tangan yang terkontaminasi virus. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan. Cucilah tangan anda dengan air hangat minimal 20 detik jika tangan kotor, sebelum dan sesudah makan, dan setelah buang air besar dan kecil. Hand sanitiser dengan kandungan alkohol minimal 60% dapat digunakan sebagai alternatif yang efektif. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut anda sebanyak mungkin apabila berpergian ke luar.

5.       Cek-up tahunan

Penjadwalan cek-up tahunan dengan Ahli Medis akan memastikan anda selalu dalam kondisi kesehatan prima. Konsultasi dengan Ahli Medis apabila anda mempunyai keluhan kesehatan. Tim Medis dapat mendeteksi kondisi seperti diabetes dan darah tinggi secara dini. Dengan demikian, pengobatan dan terapi bisa dimulai untuk meningkat peluang kesembuhan. Jika anda memiliki gejala flu, segera temui dokter supaya tidak terjadi komplikasi.

6.       Mengelola level stress

Stress berlebihan menambah hormon stress Kortisol yang dapat mengganggu daya fungsi dan menurunkan kondisi tubuh kita. Kurangi stress berlebihan dengan menjalankan aktivitas santai yang membuat anda senang, bersosialisasi, bermeditasi dan beristirahatlah saat kondisi mental sedang menurun. Berusahalah supaya pikiran anda dapat menjadi tenang dan damai.

7.       Jauhi orang sakit

Cara lain untuk melindungi diri adalah mencegah pertemuan dengan orang lain yang sedang tidak enak badan atau sakit. Jika ada wabah flu di sekitar lingkungan anda, tetap di rumah sebisa mungkin. Gunakan masker dan hindari daerah ramai kalau anda perlu berpergian. Jika anda harus merawat orang lain yang sedang sakit flu, gunakan masker dan sarung tangan, juga rajin cuci tangan.

 

Pola hidup yang baik dan teratur adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi peluang terserang penyakit dalam usia lanjut. Marilah Wulan Bahagia mengikuti panduan hidup sehat sepanjang tahun!

Penulis: I. Widjaja

Diedit oleh: Herliawati

 

Sumber:

https://www.healthline.com/health/flu/seniors-guide-to-staying-healthy

<a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by jcomp - www.freepik.com</a>



Previous
Previous

Warta Wulan Bahagia Edisi 127, Juni - Juli 2020

Next
Next

Kegiatan & Aktifitas Wulan Bahagia Jawa Timur 2017 - 2020